5 Manfaat Rutin Minum Susu di Masa Kehamilan

Masa kehamilan menjadi momen terbaik bagi seorang ibu untuk menyediakan nutrisi lengkap kepada si kecil. Selain mengonsumsi makanan sehat, ibu hamil juga perlu minum susu. Sangat disarankan untuk rutin minum susu ibu hamil demi mendapatkan manfaat yang optimal. Memangnya, apa saja manfaat yang didapat jika ibu hamil rutin mengonsumsi susu?

Minum Susu saat Hamil

Memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil sangatlah penting. Hal ini bukan hanya dilakukan untuk kepentingan tubuh ibu namun juga bagi si kecil yang berkembang di dalam kandungan. Konsumsi susu khusus ibu hamil akan sangat direkomendasikan karena bisa memberi beberapa manfaat berikut ini:

1.                 Mengurangi Risiko Anemia

Konsumsi susu khusus ibu hamil akan membantu menurunkan risiko anemia. Ibu hamil rentan mengalami kondisi anemia dan hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. Oleh sebab itu ibu membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap khususnya zat besi agar produksi sel darah merah dalam tubuh berjalan lancar. Salah satu sumber zat besi terbaik yang bisa didapatkan ibu hamil adalah susu.

2.                 Memperbaiki Plasenta

Kandungan nutrisi pada produk susu ibu hamil juga diketahui efektif untuk memperbaiki plasenta. Plasenta merupakan jalur makan antara ibu dengan janin. Pembentukan plasenta ini membutuhkan protein yang tinggi. Dengan adanya asupan nutrisi dari susu, maka pembentukan plasenta bisa berjalan dengan lancar dan pemberian nutrisi kepada bayi jauh lebih baik.

3.                 Mengoptimalkan Kualitas Air Ketuban

Janin bisa berkembang dengan baik dan lancar di dalam kandungan berkat dukungan air ketuban. Namun seringkali kualitas air ketuban menurun karena kontaminasi bakteri maupun faktor lain. Hal seperti ini tentu saja sangat berbahaya bagi janin karena bisa memicu keracunan dan perkembangan janin jadi tidak optimal. Oleh sebab itu dibutuhkan asupan susu nutrisi lengkap untuk mengatasinya.

4.                 Menurunkan Risiko Osteoporosis

Susu khusus untuk ibu hamil juga akan membantu menurunkan risiko osteoporosis. Perlu diketahui bahwa susu untuk ibu hamil mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kalsium inilah yang nantinya akan mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang sang ibu. Selain demi ibu, konsumsi susu ini juga sangat bagus untuk menurunkan risiko osteoporosis pada bayi setelah tumbuh besar nanti.

5.                 Mencegah Penyakit Rakhitis

Rutin minum susu di masa kehamilan ternyata juga bisa mencegah terjadinya penyakit rakhitis. Ini merupakan kondisi dimana tulang menjadi lemah karena kekurangan dosis vitamin D. Jika ibu rutin mengonsumsi susu dan makan makanan bergizi kaya vitamin D, maka risiko terjadinya penyakit ini dapat diminimalkan.

 

Konsumsi susu ibu hamil jelas bisa memberikan begitu banyak manfaat. Pastikan untuk mengonsumsi susu ini sesuai dengan petunjuk atau arahan dokter. Selain itu, konsumsi juga suplemen ibu hamil untuk memastikan tubuh ibu sehat dan perkembangan janin berjalan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.